Ini Nasihat BEI untuk Investor yang Suka Beli Saham Pakai Utang

 

Ini Nasihat BEI untuk Investor yang Suka Beli Saham Pakai Utang

JawaPos.com – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menanggapi terkait fenomena para investor yang membeli saham menggunakan uang utang hingga gadai surat berharga. BEI pun mengimbau agar bijak dalam berinvestasi.

Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi mengingatkan setiap aset investasi mengandung risiko termasuk saham. Sehingga para investor diminta berhati-hati sebelum mengambil keputusan.

“Kami selalu mengingatkan kepada masyarakat, para investor, bahwa berinvestasi saham, selain berpotensi memberikan keuntungan yang baik, juga mengandung risiko kerugian,” ucapnya kepada media, Selasa (19/1).

Hasan mengingatkan, agar masyarakat yang akan memulai berinvestasi pada aset berisiko tidak menggunakan dana yang bersumber dari pinjaman atau utang. Selain itu, pihaknya mengimbau agar investor tidak menggunakan dana yang diperlukan untuk kebutuhan sehari-hari, atau dana untuk kebutuhan darurat dan kebutuhan jangka pendek lainnya.

Hasan meminta agar masyarakat tidak berfokus pada untung yang besar tanpa perhitungan yang mantap dalam mengambil sebuah keputusan. “Jadi, hendaknya para investor jangan terlalu percaya diri dan berorientasi pada mengejar keuntungan yang sebesar-besarnya dalam jangka pendek, secara instan,” ucapnya.

Hasan menambahkan, agar para investor untuk tidak melihat saham sebagai produk investasi yang menguntungkan tanpa memperhitungkan dan mengelola risiko dalam berinvestasi. Sementara jika menggunakan sumber dana dari utang akan semakin meningkatkan risiko investasi.

“Adanya keterbatasan waktu yang relatif pendek untuk segera mengembalikan dana pinjamannya dengan tingkat bunga tertentu. Hal ini tentunya juga akan semakin membatasi pilihan dan strategi investasinya dan juga dapat mempengaruhi aspek psikologis para investor,” pungkasnya.

sumber:https://www.jawapos.com/ekonomi/finance/19/01/2021/ini-nasihat-bei-untuk-investor-yang-suka-beli-saham-pakai-utang/

Share:

Arsip Blog

Recent Posts