BRIS Diresmikan, ini Pesan dari Erick Thohir

 

BRIS Diresmikan, ini Pesan dari Erick Thohir

JawaPos.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengharapkan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) menjadi energi baru bagi ekonomi Indonesia yang senantiasa menerapkan prinsip financial justice dan stability in investment.

“Saya ucapkan selamat datang, selamat bekerja untuk Bank Syariah Indonesia. Pemerintah dan masyarakat Indonesia menitipkan amanah pada Bank Syariah Indonesia untuk bawa nama Indonesia ke kancah industri syariah dan halal global,” ujar Menteri Erick Thohir dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin (1/2).

Erick Thohir menambahkan prinsip financial justice dan stability in investment telah terbukti berhasil membawa tiga bank syariah yang bergabung menjadi Bank Syariah Indonesia mengarungi krisis pandemi Covid-19, bahkan mampu menorehkan kinerja yang sangat positif dan membanggakan. Ia menambahkan pendirian Bank Syariah Indonesia juga diharapkan tidak sekadar untuk mengejar kebanggaan.

Sebagai negara dengan populasi umat muslim terbesar di dunia, menurut Erick, sudah sepantasnya Indonesia memiliki bank syariah besar dan kuat. Sehingga dapat membawa Indonesia menjadi salah satu pusat ekonomi serta keuangan syariah dunia.

Oleh karena itu, lanjut dia, merger tiga bank umum syariah Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) dilakukan untuk mewujudkan visi itu. Direktur Utama Bank Syariah Indonesia Hery Gunardi menegaskan komitmen Bank Syariah Indonesia untuk menjadi bank yang inklusif, modern, universal, dan terus mengikuti perkembangan zaman.

“Bank Syariah Indonesia memiliki fokus untuk menumbuhkan segmen UMKM dalam ekosistem yang terintegrasi, melayani segmen ritel dan konsumer, serta mengembangkan segmen wholesale dengan produk yang inovatif termasuk pengembangan bisnis global, seperti global sukuk,” katanya dikutip dari Antara.

Ia menambahkan Bank Syariah Indonesia yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini (Senin, 1/2) itu juga akan dijalankan sesuai dengan prinsip Maqashid Syariah. “Selain menjalankan fungsi intermediasi dan menyalurkan pajak, Bank Syariah Indonesia juga memiliki konsep yang dapat dioptimalkan untuk melakukan pemerataan ekonomi masyarakat melalui Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf (ZISWAF),” tutur Hery.

Bank Syariah Indonesia, lanjut dia, akan berupaya agar dapat segera mewujudkan visi untuk menjadi bagian dalam top 10 bank syariah terbesar di dunia dari sisi kapitalisasi pasar dalam kurun waktu 5 tahun ke depan. Selain itu diharapkan menjadi champion bank syariah dengan meraih potensi pasar syariah yang selama ini belum tersentuh secara optimal.

sumber:https://www.jawapos.com/ekonomi/finance/01/02/2021/bris-diresmikan-ini-pesan-dari-erick-thohir/

Share:

Recent Posts